RAPAT TERBUKA PEMILIHAN ANGGOTA BPD 2021 – 2027

BPD atau Badan Permusyawaratan Desa merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya desa. Masa jabatan anggota BPD dalah 6 (enam) tahun. Desa Bunderan telah mengadakan Rapat Terbuka Pemilihan Anggota BPD pada hari Jumat, 15 Oktober 2021 bertempat di Aula Balai Desa Bunderan pada pukul 09.00 WIB. Rapat tersebut dihadiri oleh Camat Wonosalam yang di wakili oleh Bapak Joko selaku Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Wonosalam serta Kepala Desa, Perangkat Desa, Panitia Inti, Panitia Wilayah dan perwakilan tokoh masyarakat. Sebelumnya telah dilakukan pembukaan pendaftaran calon BPD oleh panitia inti dan panitia wilayah masing-masing.

Pada pemilihan anggota BPD kali ini terdapat 7 wilayah yaitu 3 wilayah dari RW I, 3 wilayah dari RW II dan 1 wilayah perempuan. Berikut adalah pendaftar calon anggota BPD tiap wilayah :

Wilayah I : Lutfi Khakim

Wilayah II : Nanik Rahayuningsih dan M. Arie Noor Fauzi

Wilayah III : Edhi Putranto Setyawan

Wilayah IV : Faizin

Wilayah V : Sutikno

Wilayah VI : Qairul Saifudin

Wilayah Perempuan : Ari Sulistiowati

Dari masing-masing wilayah hanya terdapat 1 pendaftar calon anggota BPD kecuali wilayah II. Pemilihan calon anggota BPD  terdapat 2 cara yaitu aklamasi dan votting. Aklamasi dilakukan karena hanya terdapat 1 pendaftar calon anggota BPD sehingga otomatis pendaftar calon anggota tersebut lolos sebagai calon anggota BPD. Untuk Wilayah I, III, IV, V, VI dan PEREMPUAN dilakuan pemilihan calon anggota secara Aklamasi sedangkan untuk Wilayah II dilakuan Votting Tertutup dengan cara pencoblosan. Pencoblosan itu sendiri dilakukan oleh Panitia Inti 9 orang dan setelah dilakukan perhitungan perolehan suara terdapat 8 suara untuk Nanik dan 1 suara untuk Arie sehingga untuk Wilayah II yang lolos sebagai calong anggota BPD adalah Nanik Rahayunigsih. Hasil rapat ini akan diserahkan panitia inti kepada Bupati Demak untuk dilakukan Pelantikan calon anggota BPD yang terpilih menjadi anggota BPD.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan