Ayo Lawan Covid-19

Sabtu, 28 Maret 2020 Desa Bunderan siap lawan Covid-19 atau Corona dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah – rumah warga. Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 adalah penyakit baru yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan radang paru. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Gejala klinis yang muncul beragam, mulai dari seperti gejala flu biasa (batuk, pilek, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala) sampai yang berkomplikasi berat (pneumonia atau sepsis).

Dari berbagai penelitian, metode penyebaran utama penyakit ini diduga adalah melalui droplet saluran pernapasan dan kontak dekat dengan penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang dapat mengandung virus penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Droplet dapat melewati sampai jarak tertentu (biasanya 1 meter).

Droplet bisa menempel di pakaian atau benda di sekitar penderita pada saat batuk atau bersin. Namun, partikel droplet cukup besar sehingga tidak akan bertahan atau mengendap di udara dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, orang yang sedang sakit, diwajibkan untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran droplet. Untuk penularan melalui makanan, sampai saat ini belum ada bukti ilmiahnya.

Menurut sumber resmi dari corona.demakkab.go.id disebutkan bahwa Data Pantauan Covid-19 Kabupaten Demak Rabu, 01 april 2020 terdapat Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 373 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1 Orang. Sampai saat ini di Kabupaten Demak yang positif Covid-19 sebanyak 0 Kasus.

Pemerintah Desa Bunderan selalu menghimbau warganya dan mengajak ayo bersatu lawan Covid-19 dengan cara Social Distancing yaitu Jogo jarak, ojo nggerombol, nang omah dan wijik nganggo sabun. Setiap ada warga yang pulang dari merantau langsung di data dan dikasih edukasi kesehatan serta dilakukan karantina mandiri dengan tidak boleh keluar / tetap berdiam diri di rumah selama 14 hari. Warga sangat antusias adanya kegiatan penyemprotan. Semoga dengan cara itu kita semua khususnya masyarakat Desa Bunderan terhindar dari Covid-19 dan mudah-mudahan wabah ini segera berakhir.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan