Sedekah Bumi Apitan

 

Kamis, 2 Agustus 2018 : Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rizki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara ini sebenarnya sangat populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Warga Desa Bunderan, Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, Jawa Tengah menggelar ritual sedekah bumi (Apitan) berupa Selametan dan Perang Nasi pada hari Kamis, 2 Agustus 2018. Saat jarum jam menunjukkan pukul 10.00 WIB, ratusan warga Desa Bunderan sudah berkumpul di sepanjang jalan depan rumah Bapak Marjuki selaku kepala desa. Mereka bersuka cita menantikan acara perayaan sedekah bumi. Satu persatu warga desa lantas berdatangan membawa bakul yang berisikan nasi, gudangan, mie goreng, tahu, tempe dan telur. Mereka lantas meletakkan barang bawaanya itu di sepanjang jalan depan rumah Bapak Marjuki yang sudah dipasang tikar .

Tak berselang lama, tokoh masyarakat di desa itu hadir ke lokasi untuk membacakan doa. Saat itu warga terlihat khidmat mengamini lantunan doa sang Kyai. Setelah doa selesai dipanjatkan, para warga khususnya pemuda langsung berebutan mengambil bakul yang telah berisi nasi itu. Mereka kemudian saling serang dengan aksi lempar-lemparan sekepal dua kepal nasi. Aksi kejar-kejaran tak terhindarkan saat itu dan berakhir sekitar 30 menit. Setelah acara selesai warga langsung pulang ke rumah masing dengan membawa makanan dan yang pastinya perasaan senang.

Berikut foto-foto acaranya :

Berikut videonya :

2 Comments

    • Salam kenal dan sukses Mas Amrin,.
      Semoga dengan adanya Web Desa ini Budaya-budaya yang ada di desa bisa dilihat langsung oleh dunia dan bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Tinggalkan Balasan